I'M NOT ROBOT-Mengetahui Apa dan Kenapa Harus Ada!

I'm not Robot? Are you Robot? Of  course not!

Sobat semua pasti pernah menjumpai fitur ini, di Facebook, Blog, atau ketika mau daftarkan akun ke suatu website.

Kalau Jege bilang "I'm Not Robot" terus, rasanya ga enak agak janggal gitu. Karena "I'm not Robot" ini namanya adalah Captcha. Jadi, mulai titik nanti kita ganti "I'm not  Robot" menjadi Captcha.

Nambah istilah baru lagi nih... Captcha.

Ya, Captcha bukan 1 kata. Tapi, itu adalah sebuah singkatan dari 

Completely Automated Public Turing Test to tell Computers and Humans Apart.
Dari Kepanjangannya kita bisa ambil Kata "Test" dan "Human", artinya Captcha adalah sebuah fitur yang disediakan untuk memastikan bahwa yang sedang mengakses situs benar-benar manusia. 

Lantas, untuk apa captcha ini dibuat? Apa sistem tidak percaya kalau kita ini manusia? Jawabannya ini

Dilansir dari Incapsula, Tahun 2013 61.5% pengguna internet adalah Bot. Bot ini adalah program otomatis yang dibuat untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu seperti like otomatis, akun palsu, komentar otomatis dan lain-lain.

Jika bot ini semakin bertebaran, akan membahayakan algoritma sistem. Misalnya suatu blog yang baru lahir, ditemani dengan banyak sekali bot-bot yang membuat banyak pengunjung dan dia bisa mendapat uang dari pasang iklan. Padahal pengunjungnya bukan manusia. Jadi, dengan menggunakan bot, bakal banyak PENIPUAN YANG MERUGIKAN.

Bot tidak semuanya berbahaya, ada yang mempermudah pekerjaan kita. Tapi, sayangnya banyak sekali orang yang menyalahgunakan bot tersebut. Bot bisa menebar virus di perangkat sobat dan itu BERBAHAYA. Jadi, itulah alasannya Captcha dibuat.

Komputer atau bot tidak bisa menjawab pertanyaan atau tes yang diberikan captcha. Hanya manusia normal yang bisa menjawab tes tersebut. Itu dilakukan agar kemungkinan DITIPU bisa diperkecil.

Sekian pengetahuan yang dapat saya bagikan hari ini semoga bisa menambah wawasan sobat sekalian.




Load comments