Tutorial Menyambung Kabel LAN Tanpa Barel ala Anak Teknisi



Kabel, merupakan salah satu media transmisi untuk mengirim data dari 1 perangkat ke perangkat lain. Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan untuk mengirim data.

Dalam jaringan LAN, atau kita ambil contoh di warnet, kabel ini sangat sering digunakan untuk menghubungkan berbagai macam perangkat. Biasanya kulit kabel ini berwarna abu-abu, seperti gambar di atas, berwarna biru dan ada warna lain sesuai selera.

Harga kabel ini bermacam-macam disesuaikan dengan ketahanan kabel menjalani ujian hidup. Kalau kalian mau beli, kalian salah baca artikel sob. Harap cari di google "Jual Kabel UTP".

Oke, bukan itu tujuan artikel ini dibuat. Tujuan artikel ini dbuat untuk memberikan Tutorial Menyambung Kabel LAN atau UTP Tanpa Barel yang Terputus.

Biasanya untuk menyambung kabel LAN disarankan menggunakan barel, untuk yang belum tau barel itu apa, ini Jege kasih gambarnya.
Lantas bagaimana jika tidak tersedia barel? atau mungkin kabel harus segera disambung saat itu juga sehingga tak sempat membeli barel? Masih ada harapan!

Kita akan menyambung kabel utp yang putus. Prinsipnya mirip seperti kabel listrik. Di dalam kabel utp, terdapat tembaga-tembaga yang mengantar data, mirip seperti kabel listrik. Sobat tentu sudah mengerti sedikit gambarannya.

Mari bereksperimen!
1. Pertama, siapkan kabel yang sudah memiliki port RJ45 di ujungnya. Pastikan lebih dahulu kabel tersebut bisa digunakan dengan menghubungkan kabel tersebut ke dua perangkat atau bisa menggunakan kabel tester.
2. Setelah sudah dipastikan kabel berfungsi, kita mulai pertunjukan utamanya. Potong ujung kabel, kira2 7 centimeter dari ujung kabel (terserah ujung yang mana).
3. Setelah dipotong, ambil kabel yang akan disambung ke kabel yang lama.
4. Kupas kulit paling luar dari kedua ujung kabel yang ingin disambung. Sehingga tampak kabel-kabel kecil yang berwarna-warni.Kemudian, pisahkan masing-masing warna, urut-urut sehingga tampak seperti gambar di bawah.
5. Di balik warna-warna indah kabel tersebut, terdapat tembaga dibalik itu semua. Nah, sobat harus bisa kupas kabel tersebut. Hati-hati jangan sampai putus. Sobat bisa gunakan kuku atau tang dengan hati.

6. Lakukan demikian halnya dengan ujung kabel yang lain.
7. Kemudian, sobat hubungkan tembaga antara kabel yang berwarna sama.
8. Setelah semua tembaga sudah dipasangkan, sobat lakban.

TIPS: Agar rapi, sobat bagi jadi 2 kelompok besar warna. Kanan dan kiri. 4 warna untuk sebelah kanan dan 4 warna lain untuk sebelah kiri. Lalu lakban dengan menyatu pada kabel, seperti gambar di bawah ini
 9. Sekarang, kabel sobat sudah menjadi lebih panjang daripada yang sudah-sudah. Silahkan sobat cek apakah berfungsi atau tidak. Kalau saya work gan! Kalau belum berhasil, ya coba lagi sampai berhasil.

Sekian yang bisa Jege bagi hari ini semoga bisa membantu sobat untuk yang ingin memperpanjang kabel atau menghubungkan kabel tanpa biaya yang tinggi. Sampai jumpa di artikel berikutnya, sobat bisa kasih komentar di bawah saran untuk artikel berikutnya. Salam Jempol!

*BONUS FOTO


Load comments