Kenapa Nama Network Interface di Debian 9/Ubuntu 16 Menjadi enp2s0?



Hula hula!

Bagi para pengguna linux, apalagi yang sudah menggunakan distro terupdate khususnya debian dan ubuntu, kalian pasti akan menemukan perubahan baru. Sebelumnya network interfaces di versi sebelumnya adalah "eth0" namun sekarang sudah berganti nama menjadi "enp2s0" atau "enp2s0".

Ada apa ya? Kenapa diganti?

Dilansir dari Freedesktop.org, kelemahan dari penamaan "eth0" pada network interfaces adalah karena pada skema penamaan kernel untuk network interfaces yang menggunakan "eth0" , "eth1", ..... dinyatakan klasik dan terlalu sederhana karena hanya menerangkan eth=ethernet dan urutan. Terlalu sederhana dan sedikit informasi. Dan ini dapat memiliki implikasi keamanan yang serius, misalnya dalam aturan firewall yang dikodekan untuk skema penamaan tertentu, dan yang karenanya sangat sensitif terhadap nama yang berubah-ubah. 

Adanya eth0, eth,...1 itu membuat pengulangan nama yang membingungkan sistem.



Untuk memperbaiki masalah ini, beberapa solusi telah diusulkan dan diterapkan. Untuk waktu yang lebih lama udev mengirimkan dukungan untuk menugaskan nama "ethX" permanen ke antarmuka tertentu berdasarkan alamat MAC mereka. Namun, ini berdampak sering terjadi efek aneh, sehingga sering terjadi kegagalan.

Akhirnya, dipilih skema penamaan spesifik yang dipelopori "biosdevname".
Menetapkan nama tetap berdasarkan informasi firmware / topologi / lokasi memiliki manfaat banyak karena nama-nama sepenuhnya otomatis, dapat diprediksi sepenuhnya, bahwa mereka akan tetap bahkan jika perangkat keras ditambahkan atau dihapus (mis. Tidak terjadi penomoran ulang. Meskipun pengucapannya lebih sulit dibandingkan "eth0" atau "wlan0"

Dengan begitu ada beberapa skema penamaan, sebagai berikut:
1. Nama yang menggabungkan nomor indeks Firmware / BIOS yang disediakan untuk perangkat on-board 
(contoh: eno1)
2. 
Nama yang menggabungkan Firmware / BIOS yang disediakan nomor indeks slot hotplug PCI Express 

(contoh: ens1)
3. Nama yang menggabungkan lokasi fisik / geografis dari konektor perangkat keras 
(contoh: enp2s0)

Sebagai tambahan:
Jege mau jelasin apa artinya enp2s0
en-----EtherNet
       p2---------nomor bus(2)
                s0------------nomor slot(0)
Kalau wlp0 berarti
wl-------WireLess
       p0--------nomor bus(0)
 

4. Nama yang menggabungkan alamat MAC antarmuka (contoh: enx78e7d1ea46da)
5.
Klasik, penamaan etik kernel-unpredictable 

(contoh: eth0) 

Memang tidak semua distro menggunakan sistem penamaan ini, karena jika di sistem sudah terinstal biosdevname sendiri, maka itu akan diutamakan.

Jadi, begitulah alasan Kenapa Nama Network Interface di Debian 9/Ubuntu 16 Menjadi enp2s0. Semoga sobat bisa mengerti penjelasan yang disampaikan Jege. Terima kasih, sampai jumpa di artikel berikutnya!





Load comments